beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Demokrat Unggul di Quick Count

Hasil quick count atau hitung cepatmenunjukkan partai Demokrat berhasil mengumpulkan suara terbanyak yaitu sekitar 20 persen. Sementara, keempat lembaga itu menempatkan Partai Golkar di tempat kedua dan PDI Perjuangan di posisi ketiga.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, yang berasal dari partai Demokrat, sudah mengisyaratkan siap untuk melakukan koalisi dalam pemilihan presiden mendatang.

Hasil perhitungan dari empat lembaga quick count yaitu Lembaga Survey Indonesia, Lembaga Survey Indonesia Denny JA, LSN dan Cirrus ini cukup mengejutkan.

Pasalnya dalam pemilu legislatif tahun 2004 lalu, Partai Demokrat cuma meraup kurang dari 8 persen suara, sementara Golkar dan PDI Perjuangan unggul di posisi satu dan dua.

Pengamat politik dari Universitas Airlangga Surabaya, Daniel Sparingga, mengatakan kepada BBC Siaran Indonesia hasil perhitungan cepat sementara ini menunjukkan dinamika baru dalam politik Indonesia bahwa masyarat pemilih pada umumnya ingin reformasi berlanjut .

Keinginan itu, menurut Daniel, dapat terlihat dengan kemenangan Partai Demokrat yang mengalahkan dua partai besar lainnya yaitu Golkar dan PDI Perjuangan serta munculnya dua partai baru yang mendapatkan sekitar 3 hingga 5 persen suara yaitu Partai Gerindra dan Hanura yang menduduki posisi ke-8 dan ke-9 dalam perhitungan quick count.

Namun dia tidak menjelaskan apakah kemenangan Partai Demokrat itu bisa diartikan, para pemilih suka dengan program reformasi yang dijalankan oleh pemerintah Presiden Susilo Bambang Yudoyono.

Walaupun tata cara pemilihan legislatif April ini lebih banyak menekankan pada individu calon legislatif, menurut Daniel, masyarakat pada akhirnya memilih partai.

Menurut Daniel, ini karena terlalu banyak partai yang ikut serta dalam pemilihan sehingga masyarakat lebih suka memilih partai saja daripada pusing memikirkan caleg-caleg yang harus dipilih.

Iklan

Belum Ada Tanggapan to “Demokrat Unggul di Quick Count”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: