beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Fondasi Perubahan Kehidupan Umat Muslim di Kota Yinchuan

w020071014327796560721

MESJID Besar Nan Guan yang terletak di sudut tenggara Kota Yinchuan adalah pusat kegiatan keagamaan muslim di kota itu. Setiap hari Jumat atau hari raya tradisional agama Islam, ribuan umat muslim akan menjalankan ibadah shalat di mesjid tersebut.

Bao Jingui yang sudah berusia 83 tahun adalah Ketua Komisi Administrasi Mesjid Besar Nan Guan dan sangat berwibawa di mata masyarakat muslim Kota Yichuan. Bila mengenang kembali perkembangan kehidupan Ningxia, hal yang paling berkesan bagi dirinya adalah kerja sama dan persatuan rakyat berbagai etnis di daerah Ningxia selama 50 tahun yang telah membuahkan perubahan luar biasa Ningxia dewasa ini.

“Perubahan di Ningxia dalam beberapa tahun ini sangat besar dan cukup mengagumkan. Terutama di bidang pendidikan di daerah yang agak miskin, pemerintah pusat dan daerah telah menyediakan bantuan besar, ” ujar Bao Jingui.

Ditambahkannya, “Di seluruh Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia, seperti Kota Yinchuan dan daerah terpencil lainnya, pendidikan dan persatuan etnis berkembang pesat, dan rakyat berbagai etnis saling mengerti dan saling menyokong.”

Ketua Komite Urusan Etnis Minoritas selaku Direktur Biro Keagamaan Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia, Wang Jian mengatakan, selama 50 tahun sejak dibentuknya Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia, kemajuan besar di bidang pelaksanaan kebijakan etnis minoritas telah dicapai, dan penyatuan etnis minoritas dan pertukaran persahabatan dengan dunia luar telah ditingkatkan.

10079182

“Tahun ini adalah genap 50 tahun pembentukan Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia. Selama itu pula, persatuan etnis minoritas Ningxia di bawah pimpinan partai pusat dan Dewan Negara serta pemerintah dan komite Partai Komunis Tiongkok Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia telah mengalami kemajuan,” jelas Wang Jian, seraya menambahkan bahwa dengan upaya bersama dari 6 juta rakyat seluruh Ningxia baik etnis Hui maupun etnis Han, persatuan etnis minoritas telah mencapai prestasi cemerlang yang mencerminkan perkembangan ekonomi dan sosial.

Dikatakannya, selama 30 tahun pelaksanaan kebijakan reformasi dan keterbukaan, terutama dalam lima tahun belakangan ini, perkembangan ekonomi dan sosial di Daerah Otonom Etnis Hui Ningxia telah mencapai prestasi yang cukup besar.

img247378695

Produk Domestik Bruto (PDB) rata-rata meningkat 12%. Pendapatan penduduk kota berturut-turut memelihara pertumbuhan sebesar dua digit dengan pendapatan perkapita menembus 10.000 Renminbi. Sedangkan pendapatan perkapita penduduk desa telah menembus 3.000 Renminbi.

Ningxia dewasa ini telah menunjukkan beberapa hal. Yaitu, sistem otonom regional etnis minoritas semakin sempurna, tenaga kerja kader etnis minoritas semakin bertambah, ekonomi berkembang pesat, taraf hidup rakyat berbagai etnis meningkat, usaha berbagai bidang berkembang makmur, dan kebudayaan tradisional etnis minoritas terpelihara baik.

Ketua Lembaga Penelitian Islam Etnis Hui Akademi Ilmu Pengetahuan Sosial Ningxia, Ma Ping mengatakan, “Saya merasa hubungan antara etnis Han dan etnis Hui terjalin sangat baik selama 50 tahun ini.”

“Pertama, Daerah Otonom Etnis Hui yang dibentuk pemerintah pusat telah mewujudkan kesetaraan derajat antara etnis Hui dan etnis Han. Dengan begitu, umat Muslim dapat merasa bangga dan percaya diri sebagai tuan rumah. Hal itu pada dasarnya telah meletakkan fondasi politik bagi pendirian hubungan etnis Hui dan etnis Han,” ujar Ma Ping.

Dijelaskannya pula bahwa dari pemerintah pusat sampai pemerintah daerah terdapat kebijakan preferensi terhadap rakyat etnis Hui demi perkembangan ekonomi dan sosial di daerah pemukiman etnis minoritas agar kelompok ini dapat berkembang lebih pesat dan baik, serta dapat menikmati bersama hasil perkembangan ekonomi dengan rakyat di daerah maju. Dengan begitu, fondasi ekonomi telah diletakkan bagi pendirian hubungan etnis Hui dan etnis Han.

“Fondasi di bidang kebudayaan juga telah dibangun di mana sikap saling memahami dan menghormati telah diwujudkan di tengah rakyat Etnis Hui dan Etnis Han Ningxia,” kata Ma Ping.

sumber: china radio indonesia

Belum Ada Tanggapan to “Fondasi Perubahan Kehidupan Umat Muslim di Kota Yinchuan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: