beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

HNSI Medan akan Perjuangkan 5% Dana Kesnel

catatan: ingot simangunsong

Pengurus DPC Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kota Medan, akan memperjuangkan kembali dana kesejahteraan nelayan (Kesnel) sebesar 5% sesuai SK Gubsu Nomor: 074/090/K/2003. Hal itu diungkapkan Ketua HNSI Kota Medan, Azhar Ong, baru-baru ini.

Dana tersebut merupakan dana alokasi penggunaan retribusi dari harga dasar ikan yang ditetapkan oleh Gubsu. Diungkapkannya, sejak ia dinonaktifkan sebagai pengurus di tahun 2003, ia tidak mengetahui dengan persis apakah dana kesnel masih digulirkan ke kas HNSI atau tidak.
Menurut Azhar Ong, HNSI Medan pernah mendapatkan dana kesnel pada tahun 2001 sebesar 0,75%. “Saya lupa berapa besarnya, tapi ada pertinggal dokumennya. Ketika itu, anggarannya dimanfaatkan untuk mengasuransikan para nelayan. Tahun 2003, dana kesnel meningkat menjadi 5 persen,” katanya.

Ia memaparkan, berkaitan dengan penerimaan kurun waktu tahun 2003-2008, pihaknya akan mempertanyakan kepada Dinas Perikanan, apakah dana itu tetap disalurkan atau tidak. “Kalau disalurkan, kita mau tahu kemana saja dimanfaatkan. Kalau tidak disalurkan, kita juga mau tahu apa alasannya karena SK Gubsu belum dicabut dan masih berlaku,” kata Azhar Ong.

Dijelaskannya, setelah berlakunya UU No 22 tentang Otonomi Daerah, pihak yang menyalurkan dana kesnel tersebut adalah Dinas Perikanan Kota Medan. “Kami akan mempertanyakan hal ini ke Dinas Perikanan Medan. Yang jelas, kami akan terus memperjuangan dana tersebut agar disalurkan ke HNSI Medan untuk dapat dimanfaatkan,” katanya.

Belum Ada Tanggapan to “HNSI Medan akan Perjuangkan 5% Dana Kesnel”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: