beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Tahun 2009, Pemprovsu Anggarkan Rp413 Miliar untuk Intensif Guru

Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) H Syamsul Arifin SE menyatakan untuk mewujudkan visi dan misinya agar rakyat tidak bodoh dan memiliki masa depan, Pemprovsu tahun 2009 menganggarkan dana intensif untuk guru sebesar Rp413 miliar.

“Dana ini hanya untuk ingot-ingot dengan besaran Rp50.000 per bulannya atau Rp600.000 per tahun. Namun jika dijumlah dengan jumlah guru negeri dan swasta di Sumut mencapai Rp143 miliar,” ucap Syamsul Arifin usai meresmikan gedung baru Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YP SIM) Medan, Jalan Pekan Sunggal Medan, Senin (27/10).

Dia menilai untuk mewujudkan visi dan misinya agar rakyat tidak bodoh makanya harus ada yang diperhatikan secara khusus seperti di bidang pendidikan. Dengan memperhatikan guru sebagai pendidikan maka Pemprovsu akan memperbaiki kualitas sumber daya manusia.

Menurut mantan Bupati Langkat ini, dana Rp143 miliar ini diambil dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daera (APBD) Sumut tahun 2009, bahkan mendatang dana pendidikan akan direalisasikan menjadi 100 persen.

Selain itun dana intensif guru juga akan dianggarkan untuk pembiayaan sekolah gratis bagi anak SD dan SMP.

“Dalam anggaran APBD tersebut juga akan menampung angaran untuk sekolah gratis bagi anak-anak yang tidak mampu dengan kriteria tertentu. Yang akan dijalankan oleh Dinas pendidikan baik propinsi maupun Kabupaten/Kota,” ucapnya.

40 Ribu Guru Diangkat
Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pendidikan Sumut, Drs Delta Pasaribu menyatakan, guru yang akan mendapatkan insentif guru ini nantinya berjumlah sekitar 176 ribu guru negeri dan swasta.

“Guru di Sumut kurang lebih ada sekitar 176 orang. Ini yang nantinya akan mendapatkan insentif guru melalui anggaran APBD 2009,” terangnya.

Sedangkan 2009, sekitar 40 ribu guru di seluruh Indonesia angkat diangkat menjadi PNS.

Dalam kesempat tersebut, Delta juga mengungkapkan, pada tahun 2009 mendatang Dinas Pendidikan Nasional akan mengangkat sekitar 40 ribu tenaga guru untuk seluruh Indonesia, baik yang berasal dari kependidikan dan non kependidikan.

Sebelumnya, Ketua Dewan Pembina YP SIM dr Sofyan Tan mengaku berdirinya YP SIM selama 21 tahun berawal hutang di bank dari tanah yang dibeli seluas 1.500 meter diagunkan.

Seterusnya, awal berdirinya hanya 7 lokal, kini mencapai 77 lokal dengan jumlah siswa mencapai ribuan dan 1.607 di antaranya dari keluarga miskin dan tidak mampu.

Wujud sekolah ini, katanya sesuai dengan visi dan misi Gubsu H Syamsul Arifin SE agar rakyat tidak bodoh dan memiliki masa depan karena di sekolah ini anak-anak miskin dan memiliki keterbatasan ekonomi bisa sekolah dengan fasilitas lengkap.

Dia juga mengucapkan terimakasih kepada Gubsu yang mau membantu yayasanya berupa pembangunan laboratorium fisika dan IPA. Bantuan ini, kata Sofyan Tan akan membantu meningkatkan SDM YP SIM dan juga masyarakat Sumatera Utara khususnya.

Usai menandatangani prasasti, Gubsu didampingi Kepala Dinas Pendidikan Sumut dan lainnya meninjau lokasi gedung baru dan juga fasilitas YP SIM.

Pada kesempatan itu, Gubsu mengaku salut atas kerja Sofyan Tan yang mau membantu rakyat miskin untuk memberikan tempat sekolah yang layak dan modern. (sumber: harian analisa)

Satu Tanggapan to “Tahun 2009, Pemprovsu Anggarkan Rp413 Miliar untuk Intensif Guru”

  1. mohon bantuannya untuk link daftar nama-nama penerima bantuan intensive guru tahun 2008 dan daftar nama-nama penerima bantuan guru untuk NUPTK 2008 khususnya untuk daerah medan. penting untuk para guru. terima kasih..!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: