beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Presiden Bush Wariskan Utang US$482 Miliar

Defisit anggaran pemerintah AS ternyata jauh lebih besar dari perkiraan awal tahun ini. Untuk tahun fiskal 2009, yang akan dimulai Oktober nanti, terjadi defisit US$482 miliar.

Demikian kantor perencanaan anggaran Gedung Putih seperti dilansir NRC Handelsblad online, Selasa sore atau Rabu (30/7) dinihari WIB.

Menurut Washington, defisit yang luar biasa besar itu antara lain dipengaruhi oleh pengurangan pajak, pengeluaran besar untuk pertahanan dan keamanan, ekonomi yang memburuk dan paket stimulans.

Kandidat presiden dari Demokrat Barack Obama dan rivalnya dari Republik John McCain dalam reaksinya sama-sama menyalahkan pemerintah Bush. Obama mengatakan, bahwa telah terjadi pengambilan keputusan yang kurang bertanggungjawab di Wallstreet dan Washington. Dia tetap pada rencananya untuk menstimulasi ekonomi lebih lanjut.

Sementara McCain mencoba menghapus kesan bahwa dia akan meneruskan kebijakan Bush jika dia terpilih jadi presiden. McCain berjanji bahwa termin kepemimpinannya sebagai presiden akan dia tutup tanpa meningalkan defisit. Meskipun dia mengakui bahwa itu tidak mudah.

Defisit anggaran sebesar US$482 miliar itu setara dengan 3,3% Gross Domestic Product (GDP) AS. Itu merupakan rekor dan terbesar sepanjang sejarah.

Belum Ada Tanggapan to “Presiden Bush Wariskan Utang US$482 Miliar”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: