beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

TURKI

Merajut Mimpi World Cup 2002
Republik Turki adalah sebuah negara besar di kawasan Eurasia. Wilayahnya terbentang dari Semenanjung Anatolia di Asia Barat Daya dan Balkan di Eropa Tenggara. Meski Tumnas Turki belum pernah menorehkan prestasi sebagai juara, namun penggemar sepakbola dunia pernah dikejutkan dengan aksi Turki pada World Cup 2002.

Tim nasional sepakbola Turki yang dikomandoi Federasi Sepakbola Turki (TFF) pernah mencetak prestasi terbaik yaitu merebut peringkat ke-3 pada World Cup 2002 di Korea Selatan. Langkah Turki menjadi yang terbaik di kawasan Eropa diganjal raksasa sepakbola dunia, Brasil 0-1.

Sejak itu, kekuatan Turki langsung menjadi perhitungan negara lain du dunia. Sayang, kejutan Turki tidak berlanjut pada World Cup 2006. Hakan Sukur dkk tidak bisa merasakan iklim pertarungan pada ajang sepakbola terbesar di dunia itu. Turki tidak tidak lolos pada babak kualifikasi zona Eropa.

Turki pertama kali tampil di Piala Dunia 1954. Negara yang dihuni 68.000.000 jiwa itu hanya mampu menempatkan diri di babak pertama. Sejak 1958 hingga 1998, Turki menarik diri dari World Cup. Tahun 1980-an bahkanmenjadi saksi terpuruknya Turki. Kala itu, negara dengan Ibukota Istambul itu dicukur Inggris 8-0.

Sementara itu, rekor Turki di Piala Eropa kurang menggembirakan meski pernah merasakan panasnya iklim perempatfinal Euro 2000. Hanya momen itu yang paling membanggakan bagiTimnas Turki di kancah sepakbola Eropa. Selebihnya, Turki hanya sekadar berpartisipasi.

Sejak Euro digelar pada 1960, Turki tidak pernah meraih tiket ke putaran final. Prestasi buruk itu bahkan menghantui sepakbola Turki hingga 1992. Turki akhirnya mampu merebut tiket kali pertama pada 1996. Namun langkahnya terhenti di babak pertama.

Pada perhelatan 2004, Turki kembali tidak mampu bersaing dengan tim tangguh lainnya karega gagal mengantongi tiket babak utama. Kini, Turki tengah merajut mimpi atas prestasi yang digapainya pada World Cup 2002. Ya, tim besutan Fatih Terim tengah mengusung kekuatan menghadapi putaran final Euro 2008.

The Star, Hamit Altintop
Salah seorang pemain yang menjadi kebanggaan pendukung Timnas Turki adalah Hamit Altintop. Pemain kelahiran 8 Desember 1982 diharapkan menjadi penerus bagi legendaris sepakbola Turki, Hakan Sukur. Hamit memulai laga professionalnya di Wattenscheid, salah satu klub Bundesliga pada 2000.

Permainannya bersama Wattenscheid, menarik perhatian Schalke 04. Pada pada 2003, dia resmi diboyong salah satu klub papan atas di Jerman tersebut. Hamit memiliki keistimewaan bermain sebagai gelandang bertahan. Pemain kelahiran 8 Desember 1982 itu terus menunjukkan kualitasnya. Alasan itu pula yang menjadi membuat FC Bayern Munich merekrutnya.

Memang, Turki tidak mutlak menaruh harapan kepada Hamit. Tapi, tugas Hamit di lini tengah akan didukung gelandang Belozoglu Emre Sabri Sarioglu. Sehingga, lini tengah Turki yang menjadi kunci permainan tim yang semakin solid dan mengancam setiap lawan.

Artinya, Turki masih pantas ditempatkan sebagai negara yang perlu mendapat perhatian khusus, meski kualitasnya jauh dibandingkan Italia, Jerman, Belanda atau tim sekelas Portugal. Bisa saja, Turki akan mengulangi kejayaan pada World Cup 2002. Saat itu, Turki hanya dijadikan tim pelangkap turnamen oleh negara lain.

Belum Ada Tanggapan to “TURKI”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: