beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Seruan Hapuskan Subsidi Minyak

Lima negara konsumen energi besar menyerukan agar subsidi bahan bakar minyak diakhiri secara bertahap untuk menurunkan harga minyak.

Delegasi dari Jepang, Cina, India, Korea Selatan dan Amerika Serikat yang secara bersama-sama mengkonsumsi separuh dari jumlah permintaan minyak dunia, mengadakan pembicaraan menjelang pertemuan kelompok negara maju G8 hari Minggu.

Kelima negara itu mengeluarkan seruan pengurangan subsidi itu secara bertahap namun berbeda pandangan tentang langkah menerapkannya.

Delegasi India dalam pertemuan ini mengatakan negara itu belum siap beralih ke posisi di mana pasar menentukan harga minyak yang harus dibayar oleh rakyatnya.

Cina juga menegaskan tidak ada kerangka waktu akan akan mengurangi subsidi lebih rendah lagi dengan mengatakan mereka perlu mempertimbangkan bagaimana dampaknya nanti terhada stabilitas sosial dan politik di negara itu.

Menteri perdagangan Jepang yang memimpin pertemuan itu membenarkan mereka hanya menyetujui perlunya mencabut subsidi.

Pertemuan ini bukan untuk menetapkan pencabutan subsidi dan hal ini membuat kecewa Amerika yang menginginkan kemajuan lebih cepat.

Pertemuan di Aomori, Jepang itu terjadi sehari setelah harga minyak dunia mencapai tingkat tertinggi di New York hari Jumat, dengan $139 per barel.

Mentri Energi Amerika, Sam Bodman, mengatakan di Jepang bahwa kenaikan itu mengejutkan namun ia menyanggah terjadi krisis.

Laporan oleh kelompok International Energy Agency, menyebutkan negara-negara harus berupaya mengurangi ketergantungan pada minyak.

Para mentri dari G8 ini untuk pertama kalinya akan bertemu dengan mitra mereka dari Cina, India dan Korea Selatan.

Meningkatnya harga minyak dunia menyebabkan kesulitan banyak negara di seluruh dunia, dan sejumlah pemerintah menghadapi unjuk rasa dan tekanan lain dari konsumen dan bisnis.

Tetapi Bodman menyanggah bahwa dunia menghadapi krisis, di tengah kekawatiran bahwa harga minyak dapat menyebabkan sejumlah negara terperosok ke resesi.

Pernyataan yang ditandatangani oleh para mentri energi dari Amerika, Jepang, Cina dan Korea Selatan serta pejabat tinggi India itu diperkirakan akan menyebutkan bahwa peningkatan harga itu menyulitkan konsumen dan negara produsen.

Pernyataan itu juga menyebutkan pencabutan secara “bertahan” untuk subsidi yang disebutkan oleh sejumlah kalangan karena meningkatnya permintaan di negara berkembang, diharapkan akan dilakukan, menurut kantor berita AFP.

Tetapi pemerintah India dan Malaysia telah meningkatkan harga minyak untuk mengurangi subsidi.

Melangitnya harga minyak hari Jumat bertepatan dengan anjloknya dolar, turunnya harga saham di Wall Street dan meningkatnya angka pengangguran di Amerika pada tingkat tertinggi dalam 20 tahun ini.

Permintaan dan pasokan
“Kenaikan harga minyak itu mengejutkan, namun bila anda perhatikan angka produksi secara global, sekitar 86 juta barel per hari selama tiga tahun berturut-turut,” kata Bodman menjelang pertemuan G8.

“Kita tahu bahwa permintaan meningkat karena banyak negara yang masih mensubsidi minyak, kita harus hentikan itu,” katanya.

Ia juga mengatakan tidak perlu langkah memperketat peraturan pasar minyak,

Sejumlah kalangan mengatakan spekulasi pasar dan tidak adanya informasi tentang besarnya cadangan, mungkin menyebabkan kenaikan, dan juga kekawatiran bahwa permintaan meningkat lebih cepat dari pasokan.

Hari Jumat, harga minyak mentah mencatat $139,12 dalam perdagangan setelah bisnis di New York Mercantile Exchange, setelah sebelumnya mencapai $138,54 dalam perdagangan biasa.

Harga minyak mentah mencapai $135 per barel bulan lalu.

Sejumlah kalangan mengatakan harga dapat meraih $200 per barel dalam 18 bulan mendatang.

Hari Jumat, pasar juga menanggapi pernyataan mentri transportasi Israel, bahwa serangan terhadap Iran “tidak dapat dihindari” setelah sanksi untuk menghentikan Iran mengembangkan nuklir, gagal.

Belum Ada Tanggapan to “Seruan Hapuskan Subsidi Minyak”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: