beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Cina keringkan ‘danau gempa’

Pasukan Cina mulai mengeringkan “danau gempa” di Tangjiashan, yang terbentuk setelah tanah longsor menyusul gempa di Sichuan. Gempa mengguncang propinsi Sichuan tanggal 12 Mei lalu.

Danau dikeringkan melalui saluran yang dibuat khusus agar air yang mengancam bendungan dapat dikeluarkan. Lebih dari 250.000 orang telah diungsikan ke tempat yang lebih tinggi.

Para pakar memperingatkan danau itu dapat jebol kapan saja dan jutaan kubik air dapat mengalir ke sungai-sungai. “Perbaikan darurat masih terus berlanjut, namun dalam jangka pendek tidak ada resiko jebolnya bendungan,” kantor berita Xinhua mengutip wakil komandan militer Chengdu, Fan Xiaoguang.

Para teknisi mengawasi jembatan dan tanggul sungai di hilir untuk menjamin agar aliran air dapat ditahan. Para petugas berupaya untuk membuat saluran kedua untuk mempermudah aliran air, menurut laporan televisi Cina dan kantor berita Xinhua.

Pemerintah juga merencanakan untuk segera mengungsikan sekitar 1,3 juta orang yang tinggal di seputar danau, di dekat kota Beichuan. Badan pengawasan banjir memperingatkan hujan deras di seluruh Cina, termasuk di Sichuan akan terjadi akhir pekan.

Resiko banjir ini terjadi karena lebih dari 30 danau terbentuk setelah gempa besar bulan Mei lalu. Data pemerintah korban gempa yang meninggal sebesar 69.130 dan 17.824 lainnya masih hilang.

Belum Ada Tanggapan to “Cina keringkan ‘danau gempa’”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: