beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Polisi Gulung Jaringan Pengedar Ganja Antar Provinsi

catatan
andre dp

Sekali lagi mata rantai peredaran daun ganja antar provinsi berhasil diputuskan polisi. Empat orang anggota sindikatnya berhasil dibekuk, Jumat (6/6) sekira pukul 02.00 WIB. Selain itu, petugas unit Reskrim Polsekta Medan Sunggal juga berhasil mengamankan delapan kilogram daun ganja kering siap edar sebagai barang bukti.

Keterangan diperoleh di Mapolsekta Medan Sunggal menyebutkan, keempat tersangka pengedar itu dibekuk petugas dari dua lokasi berbeda. Awalnya, petugas lebih dulu membekuk dua pengedar ganja masing-masing M Nur Harahap, (31) warga Jalan Klambir V Hamparan Perak dan Tri Gusti Hidayat, (25) warga Jalan Bunga Asoka Asam Kumbang.

Kedua pengedar ini dibekuk petugas saat hendak melakukan transaksi ganja di kawasan Jalan Klambir V Pajak Kelumpang Desa Kelumpang Kebun Hamparan Perak. Petugas yang memang telah lama memburu keduanya berhasil menggagalkan transaksi tersebut. Dari tangan keduanya diamankan 4,5 bal daun ganja kering yang tersimpan di dalam tas ransel hitam.

Usai mengamankan kedua tersangka, saat itu juga petugas langsung melakukan pengembangan guna mengetahui pemasok ganja tersebut. Kedua tersangka yang tak bisa berbuat apa-apa lagi, akhirnya mengaku ganja tersebut diperoleh dari Arifin, (27) warga Desa Seulolo Kecamatan Pasir Raja Aceh Selatan. Kepada petugas, keduanya kemudian memberitahukan tempat persembunyian Arifin.

Mendengar pengakuan tersebut, petugas unit Reskrim Polsekta Medan Sunggal dipimpin Kasubnit Reskrim IPTU Pol M Oktavianus Sitinjak langsung bergerak cepat memburu Arifin. Warga Aceh Selatan yang baru dua hari berada di Medan ini akhirnya diringkus petugas dari sebuah rumah yang berada di kawasan Jalan Bunga Asoka, Asam Kumbang.

Dari tangan Arifin, petugas berhasil mengamankan 3 bal daun ganja kering yang disimpan di dalam goni plastik. Arifin yang tak berkutik saat digerebek petugas, hanya pasrah saat digelandang ke Mapolsekta Medan Sunggal.

Namun upaya penyelidikan dan pengembangan petugas tak hanya berhenti di situ saja. Kepada petugas, tersangka M Nur Harahap akhirnya mengaku pada Kamis (5/6) siang telah menjual satu bal daun ganja setengah kilogram kepada seorang pengedar bernama Suherman alias Slamet. Mendengar pengakuan tersebut, petugas langsung memburu pria berusia 42 tahun itu.

Usaha petugas tak sia-sia. Ayah dua anak itu berhasil diringkus dari kediamannya di kawasan Jalan Bunga Asoka Asam Kumbang Medan Selayang. Dari tangan tersangka Suherman, petugas berhasil mengamankan setengah kilo gram daun ganja berikut puluhan lembar kertas berukuran kecil yang akan digunakan untuk membungkus ganja tersebut.

Kepada penyidik, tersangka Arifin mengaku ganja tersebut diperolehnya dari seorang rekannya yang berada di Aceh Selatan. Ganja yang dibeli seharga Rp 300 ribu per kilonya itu, rencananya akan dijual di Medan dengan harga Rp 1 juta per kilonya.

Kapolsekta Medan Sunggal AKP Marsdianto SiK mengatakan, penangkapan keempat tersangka yang merupakan anggota sindikat peredaran ganja antar provinsi itu berawal dari adanya laporan yang diterima petugas dari masyarakat. “Setelah mendapat informasi dari warga, petugas kemudian melakukan operasi penangkapan. Sebelum berhasil menangkap tersangka, petugas lebih dulu menyaru sebagai pembeli dan mengajak dua orang tersangka untuk melakukan transaksi,” kata Kapolsek di ruang kerjanya, Jumat (6/6) siang.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, saat ini keempat tersangka terpaksa meringkuk di dalam sel tahanan Mapolsekta Medan Sunggal.

Belum Ada Tanggapan to “Polisi Gulung Jaringan Pengedar Ganja Antar Provinsi”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: