beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

14 Pegawai Rutan Dipecat

catatan
dedi suhardi

Departemen Hukum dan Hak Azasi Manusia (Depkumham) Wilayah Sumatera Utara mengaku akan menindak tegas pegawai rumah tahanan (Rutan) yang terlibat kasus narkoba. Baik itu selaku pengguna maupun keterlibatannya dalam memuluskan aksi masuknya barang haram itu ke rutan.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Depkumham, Sihabudin BcIP SH MH, Jumat (30/5) menanggapi pengerebekan yang dilakukan Poldasu bekerjasama dengan Badan Narkoba Nasional (BNN) dan Depkumham di Rutan Tanjung Gusta pada Kamis (29/5) malam.

Menyikapi adanya indikasi rutan sebagai tempat peredaran narkoba, Sihabudin menjelaskan pihaknya sudah menindak 21 pegawai. Bahkan, dari jumlah tersebut, 14 pegawai rutan sudah dipecat. “Di tahun 2007 ada sekitar 21 pegawai rutan yang terlibat narkoba, dan 14 pegawai sudah kita lakukan pemecatan,” katanya.

Sihabudin tidak memungkiri adanya keterlibatan orang dalam untuk memuluskan peredaran narkoba.“Tidak tertutup kemungkinan adanya indikasi orang dalam. Saat ini kami masih terus melakukan pengembangan atas temuan kasus tersebut,” katanya.

Namun demikian, sejauh ini pihaknya belum melakukan pemeriksaan secara internal terhadap pegawai rutan untuk mencari tahu siapa yang bertanggungjawab atas masuknya barang haram tersebut. “Kita akan terus kembangkan dan memang sejauh ini belum ada yang kita periksa untuk dimintai keterangan,” katanya.

Begitupun, pihaknya akan lebih komit dan terus melakukan pembenahan dalam penegakan disiplin secara internal. “Kami akan komit melakukan pembenahan. Intinya barang siapa yang terlibat narkoba (pegawai) akan dipecat,” tegas Sihabudin sembari mengungkapkan bahwa sudah disurvei kalau pegawai terpaksa melakukan itu karena imbalan uang. “Hal ini dikarenakan faktor tekanan ekonomi,” jelasnya.

Dari hasil survei rutan di seluruh Indonesia, Sumatera Utara merupakan pringkat ke-5 peredaran narkoba dari balik jeruji. Untuk peringkat pertama DKI, lalu Denpasar dan Kalimantan.

Belum Ada Tanggapan to “14 Pegawai Rutan Dipecat”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: