beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Buruh Ambil Alih Aset Pabrik Asal Korea di Bekasi

Sebanyak 700 buruh PT Sinar Apparel Internasional di Jalan Inspeksi Kalimalang, Cibuntu, Kabupaten Bekasi, melakukan aksi menduduki pabrik. Alasannya, perusahaan tidak membayar upah dan dugaan penggelapan dana Jamsostek.

Menurut keterangan Ketua Departemen Hukum dan Advokasi Gabungan Serikat Buruh Mandiri, Musri, mereka terpaksa menduduki perusahaan asal Korea yang memproduksi garmen pakaian jadi ini karena menilai manajemen selalu mengingkari janji untuk memenuhi kewajiban. Aksi ini dilakukan pada Rabu (7/5) sejak pukul 16.00 WIB tadi.

Musri mengatakan, perusahaan belum membayar sisa gaji karyawan sejak Januari-April ini dengan total mencapai sekira Rp700 juta.

“Kasusnya sudah berulang terjadi dengan memperlambat bayar upah, dimundur-mundurin. Dan ini pun sudah banyak surat pernyataan perjanjian, tapi diingakari terus,” katanya kepada okezone.

Kemudian, perusahaan juga diduga melakukan penggelapan dana Jamsostek milik pekerja. Jamsostek ini diambil dari pemotongan gaji karyawan sebanyak dua persen setiap bulan.

“Tapi selama 2 dua tahun atau Rp1 miliar lebih, ternyata tidak disetorkan ke Jamsostek,” katanya.

Mengenai dugaan penggelapan dana Jamsotek ini, pekerja mengatakan telah memiliki barang bukti. “Tadi, kami juga sudah ketemu Kepala Jamsostek. Makanya, kami bilang ini penggelapan,” katanya.

Dalam perundingan dengan pihak manajemen beberapa waktu lalu, buruh kembali dijanjikan akan dibayar. Namun, menunggu penjualan aset perusahaan terlebih dulu.

“Jual aset seperti mesin produksi akan dilakukan di luar. Kami khawatir lalu kabur dan duitnya tidak sampai,” katanya.

Selanjutnya, pihak perusahaan akan meliburkan buruh untuk sementara waktu. Tapi, tidak dijelaskan batas waktunya. Karena itu, buruh terpaksa mengambil alih aset hingga manajemen memberikan jaminan pembayaran.

“Karena dalam kesepakatan dulu, bahwa kalau perusahan melanggar aturan, maka seluruh aset menjadi milik perkerja. Dan ini sudah ditandatangani,” tandas Musrim.

Sementara itu, para buruh hingga berita ini diturunkan, masih berada di area pabrik. Mereka akan bertahan hingga mendapatkan penjelasan dari manajemen.

Belum Ada Tanggapan to “Buruh Ambil Alih Aset Pabrik Asal Korea di Bekasi”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: