beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Tri-Ben Memanusiakan Pedagang Asongan

catatan
ingot simangunsong

Sekitar seribuan pedagang asongan yang terdiri dari anak-anak sampai orangtua berkumpul di pelataran Triben Center di Jalan Multatuli Medan, Selasa (25/3). Di tengah terik matahari mereka bersemangat meneriakkan ”Hidup Tri-Ben” yang dipandu pengurus Kumpulan Muda Pedagangan Asongan (KMPA).

Pasangan Cagubsu-Wagubsu Mayjen (Purn) Tritamtomo SH dan Dr Ir Benny Pasaribu MEc dianggap akan lebih memperhatikan nasib mereka. Para pedagang asongan memperkirakan Cagub/Cawagub ini lebih pantas jadi pemimpin Sumut guna memperbaiki kesejahteraan rakyat.

Sekretaris Triben Center Ir Efendi Sianipar mengaku terharu dengan spontanitas kedatangan para pedagang tersebut. ”Ini memang asli, bukan rekayasa,” katanya saat memberi sambutan. Dia mengatakan Triben sangat peduli terhadap pengembangan sektor informal seperti pedagang karena sektor ini banyak menyerap tenaga kerja guna mengatasi pengangguran.

Menurutnya, ke depan tidak tertutup kemungkinan dari pedagang asongan bisa menjadi pengusaha. ”Jangan putus asa, dari pedagang asongan, saudara-saudari, bapak ibu nanti bisa menjadi pedagang formal bahkan jadi pengusaha. Kenapa tidak,” ujarnya disambut tepuk tangan pedagang asongan.

Efendi Sianipar menegaskan, pedagang asongan lebih terhormat dibanding pengusaha besar khususnya yang menggunakan pinjaman bank namun kemudian tidak mengembalikan pinjaman tersebut. Sementara pedagang asongan menggunakan uang sendiri, mencari sendiri guna memenuhi kebutuhan keluarga. ”Kita dengar triliunan rupiah uang bank dikemplang para pengusaha peminjam tadi,” ungkapnya.

Ketua KMPA Fetho Ariska menanggapi optimis pernyataan Efendi Sianipar. Bagi KMPA yang kini beranggota 203 orang perhatian Triben merupakan kebanggaan mereka. ”Baru kali ini kami merasa diperhatikan,” akunya. Dengan perhatian ini mereka merasa ”dimanusiakan” ketimbang selama ini dilecehkan. ”Kami jadi semangat untuk bekerja,” tandasnya seraya berikhtiar akan mendirikan koperasi guna meningkatkan penghasilan dan usaha anggota KMPA.

Belum Ada Tanggapan to “Tri-Ben Memanusiakan Pedagang Asongan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: