beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Roli Arifin: Porsea Bisa Hasilkan Produk Kelas Dunia

catatan
ingot simangunsong

Dirut PT TobaPulp Lestari Tbk Roli Arifin menegaskan, kota kecil Porsea di Sumatera Utara bisa menghasilkan produk-produk berkelas dunia, apabila manajemen benar-benar bekerja secara terprogram serta memperoleh dukungan kuat dari masyarakat.

Penegasan itu disampaikan Roli Arifin (46 tahun) akuntan lulusan USU Medan, sebagaimana dilansir majalah TobaPulp Digest (TPD) edisi Maret 2008. Roli kelahiran Medan dan lama bermukim di Toronto Kanada, menjadi Dirut Februari lalu mengantikan profesional senior asal India, Subash Chander Paruthy. Sebelumnya ia menjabat salah seorang anggota Direksi. Di Kanada ia memperdalam pendidikan dan pengalaman bidang akuntansi dan finansial hingga meraih gelar MBA (master in business adminstration) dan CMA (certified management accountant).

PULP DAN EKALIPTUS
Roli menyebut dua produk TobaPulp, yakni pulp dengan kualitas sangat baik hingga bisa diterima di banyak negara, serta kayu ekaliptus (eucalyptus sp.) hasil ”perkebunan” yang dapat diandalkan menjadi bahan baku pulp itu secara abadi (sustainable). Istimewanya, hutan ekaliptus itu juga berperan menambah produksi oksigen dunia.

Mengenai pulp Roli mengemukakan dengan kapasitas produksi hanya 240 ribu ton per tahun, sebenarnya TobaPulp ”kecil saja” dibandingkan dengan industri sejenis di tanah air yang rata-rata memiliki kapasitas produksi di atas 500 ribu ton, dan bahkan ada yang sampai 2 juta ton.

Menyadari sulitnya memenangkan persaingan dari segi kuantitas itu, TobaPulp memutuskan untuk berkonsentrasi di bidang kualitas. Hasilnya, pulp produksi Porsea mampu mencapai grade A-plus sehingga mampu bersaing di pasar.

Mengenai kayu ekaliptus yang dihasilkan perkebunan HTI (hutan tanaman industri) sebagai bahan baku abadi, TobaPulp menargetkan pencapaian 50 ribu hektar dan kini sudah terealisasi sekitar 35 ribu hektar. Luasan itu masih ditambah lagi 10 ribu hektar kebun kayu milik rakyat. ”Kita sudah rancang dalam waktu tidak lama lagi TobaPulp memiliki 50 ribu hektar HTI plus 10 ribu hektar hutan rakyat,” katanya.

Roli menggarisbawahi dua hal penting dari keberadaan HTI dan PKR (perkebunan kayu rakyat) itu, yakni, pertama terpenuhinya secara berkesinambungan kebutuhan 1,1 juta ton kayu sebagai bahan baku industri pulp Porsea, dan kedua HTI, PKR plus puluhan ribu hektar hutan alam yang dibiarkan sebagai konservasi di areal konsesi akan sekaligus menghasilkan tambahan oksigen bagi kepentingan dunia.

Menjawab pertanyaan apakah semua ”impian” yang prestisius itu benar-benar bisa diwujudkan, Roli menjawab dengan balik bertanya: ”Mengapa tidak bisa? TobaPulp kan sudah memulai prosesnya dan pasti bisa! Kalau segenap komponen anak bangsa memiliki komitmen yang sama, saya yakin Indonesia akhirnya bisa lebih maju. Yang penting kita berani melangkah bersama-sama dengan masyarakat.”

Belum Ada Tanggapan to “Roli Arifin: Porsea Bisa Hasilkan Produk Kelas Dunia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: