beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Panitia Tender Proyek Harus Transparan

catatan
susan hayaku

Kejatisu Gortap Marbun SH, Jumat ( 14/ 3 ) pada pertemuan bersama pimpinan SKPD di jajaran Pemkab Simalungun minta kegiatan lelang proyek harus mempedomani Kepres 80 tahun 2003 tentang pengadaan barang dan jasa. “Panitia hendaknya menghindari terjadinya berbagai perbuatan tercela seperti penyuapan, penggelapan dan pemerasan,” katanya.

Walaupun penyuapan secara tidak langsung merugikan keuangan negara tetapi transaksi tersebut dapat mempengaruhi proses pengadaan barang dan jasa didalamnya teramasuk mengenai kuliatas barang pada lembaga/instansi pemerintah.

Demikian juga dengan pelanggaran Kepres 80 tahun 2003 dan kesalahan administrasi dikatakan tidak serta merta masuk kategori korupsi. Namun, dalam mendukung kelancaran penyelesaian pekerjaan, penyedia barang dan jasa diminta memperhatikan prinsip efisien, efektif, transparan, adil dan memiliki etika moral.

Kesalahan administrasi dapat diperbaiki kemudian setelah diperiksa pihak terkait seperti pengawas maupun rekanan pelaksana proyek. “Ada kemungkinan, setelah peninjauan administrasi ada kesalahan mengharuskan adanya perbaikan pekerjaan, kalau perbaikan segera dilakukan maka bangunan dapat diterima,” katanya.

Proses pengadaan barang dan jasa diharapkan dilaksanakan secara proporsional, tidak saling mempengaruhi. Panitia harus menghindari kolusi dan pemborosan. Ia memberikan contoh perlakuan proporsional seperti penetapan HPS ( Harga Perkiraan sendiri ) bahan bangunan semen hendaknya ditetapkan unit perdagangan. Walaupun Dinas PU misalnya yang paling banyak menggunakan bahan bangunan semen tetapi instansi itu tidak dibenarkan menetapkan harga semen.

“Hukum tindak pidana korupsi bukan untuk memenjarakan orang namun untuk mengurangi perlakuan tindakan korupsi. Sebelum suatu pengaduan diproses secara hukum atau diperiksa petugas hukum, para pelaku korupsi bisa mengembalikan hasil korupsinya, dan itu dianggap selesai.Tapi setelah diperiksa dan di proses petugas berwenang, hasil korupsinya tidak bisa lagi dikembalikan dan kasusnya dianggap selesai, tetapi harus ditindak lanjuti sesuai prosedur hukum,” ujar Gortap menambahkan.

Belum Ada Tanggapan to “Panitia Tender Proyek Harus Transparan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: