beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

10 Ton Raskin Oplosan Ditahan Polisi

catatan
ingot simangunsong

Sat Reskrim Poltabes Medan berhasil mengamankan 10 ton beras Raskin yang diduga dioplos dari sebuah gudang penyimpanan di kawasan Jalan Kayu Putih Medan.

Penggrebekan dilakukan setelah menerima laporan masyarakat yang menduga terjadinya praktik pengoplosan beras di tempat itu. Selain barang bukti, petugas juga berhasil mengamankan pemilik gudang, seorang pemuda warga keturunan Tionghoa. “Ia diduga kuat sebagai pelaku pengoplosan beras bersubsidi tersebut,” tutur Kasat Reskrim Poltabes Medan Kompol Budi Haryanto SIK, Rabu (12/3).

Budi mengatakan, pihaknya telah meminta keterangan pemilik gudang, Hendrik (42 tahun) penduduk Jalan Kayu Putih serta dua pegawai Bulog yang bertugas sebagai pengawasan dan pendistribusian beras ke gudang tersebut. Kepada petugas penyidik, Hendrik mengaku memiliki dokumen resmi mengenai keberadaan beras tersebut dari pihak Bulog.

Menurut Budi, berdasarkan ketentuan Bulog, beras komersil memang dibutuhkan sebagai persiapan dan cadangan untuk kebutuhan pangan di suatu daerah. Meskipun demikian, beras komersil tidak boleh dicampur aduk dengan beras raskin dan dijual ke pasaran karena beras raskin disiapkan untuk masyarakat miskin (bersubsidi).

“Secara fisik beras raskin dan komersil itu tidak memiliki perbedaan sama sekali, sehingga sulit untuk membedakannya. Hanya saja, biaya masuk beras raskin lebih murah dan menguntungkan jika dipasarkan,” tegas Budi.

Ditambahkannya, jika yang bersangkautan terbukti mengoplos beras dan menjualnya ke pasar, pemilik gudang dapat dijerat pelanggaran UU Nomor 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen.

Satu Tanggapan to “10 Ton Raskin Oplosan Ditahan Polisi”

  1. http://www.lintasberita.com/Lokal/10_Ton_Raskin_Oplosan_Ditahan_Polisi/
    Keterlaluan yaa mereka..
    Ga Punya hati!!

    begitulah, ketika hati sudah menghitam….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: