beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Petani Demo Dewan

demo petani

catatan
ingot simangunsong

Ratusan petani Desa Damak Maliho Kabupaten Deliserdang galau. PTPN IV Kebun Adolina Unit Bangun Purba Deli Serdang mengambil lahan mereka dengan cara menggunakan kekuatan oknum kepolisian.

Keprihatinan inilah yang mendorong ratusan petani mendatangi gedung DPRD Sumut, Selasa (4/3). Mereka menuntut PTPN IV mengembalikan lahan petani Desa Damak Maliho seluas 198 hektar. Selain itu, petani juga meminta instansi terkait mengusut tuntas perusakan lahan petani di desa tersebut.

Demonstran yang tergabung dalam Gerakan Solidaritas Petani Sumatera Utara memasuki gedung dengan berbagai poster berisikan kecaman terhadap kekejaman PTPN IV. Mereka juga secara bergantian melancarkan orasi secara bergantian. Suasana pun kian riuh.

Dalam orasinya, salah seorang demonstran menyerukan, tindak kekerasan aparat kepolisian terhadap mereka murni tanggung jawab PTPN IV Adolina Bah Jambi yang sengaja memanfaatkan aparat kepolisian untuk mengusir petani dari lahannya.

“Ini tanggung jawab PTPN IV karena mereka ingin menguasai tanah milik petani,” teriaknya.

Padahal, serunya lagi, tanah yang ditempati masyarakat sudah sesuai dengan Perintah Presiden Soekarno tentang Land Reform yang tertuang dalam UU No.5 Tahun 1960 dan peraturan perundang-undangan tentang Penetapan Batas Luas Pertanian.

“Implementasi dari kebijakan ini adalah diberikannya kebebasan kepada masyarakat untuk mengelola tanah seluas 2 hektar,” ungkap mereka.

Tak lama kemudian, demonstran diterima anggota Komisi A DPRD Sumut, Syamsul Hilal, Budi Mulia Bangun dan Edison Sianturi. Kedua wakil rakyat ini tidak banyak berkomentar. Mereka hanya menampung aspirasi massa dan berjanji membahasnya di dalam rapat komisi.

Belum Ada Tanggapan to “Petani Demo Dewan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: