beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Asian Agri Grup Gugat Majalah Tempo

catatan
ingot simangunsong

Asian Agri Group (AAG), 14 Januari 2008 telah mendaftarkan gugatan perdata terhadap Majalah Tempo ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dengan registrasi nomor 10/PDT.G/2008/ PNJKT.PST. Hal ini diungkapkan anggota Tim Advokat AAG Sugeng Teguh Santoso SH, melalui press release yang diterima beritamedan.com, Selasa (4/3).

Gugatan ini diajukan berkaitan dengan pemberitaan majalah tersebut, edisi 47/XXXV/15-21 Januari 2007, halaman 23 dan halaman 96-101, yang dianggap tidak profesional dan melanggar asas-asas jurnalistik. Selain itu Majalah Tempo telah menolak hak jawab dan hak koreksi yang telah disampaikan AAG sebanyak tiga kali. ”Tindakan Majalah Tempo ini jelas bertentangan dengan Undang-Undang Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers (UU Pers),” ungkap Sugeng.
Dijelaskan Sugengg, bahwa dalam situasi yang semakin demokratis, ancaman utama kemerdekaan pers bukanlah berasal dari pihak eksternal melainkan justru datang dari internal dalam bentuk penyalahgunaan kemerdekaan pers yang dilakukan oleh kalangan pers sendiri.

”Gugatan perdata AAG, tidak terkait dengan usaha untuk mengancam kemerdekaan pers, melainkan upaya untuk mengembalikan Majalah Tempo sebagai salah satu garda depan penjaga demokrasi, menghindarkan agar tidak tergelincir dalam kepentingan sempit dan sesaat serta menjalankan nilai-nilai jurnalisme yang sehat, profesional dan beretika,” kata Sugeng.

Kemudian, Sugeng mengusulkan agar Dewan Pers dapat menjadi mediator atas gugatan perdata ini agar semua pihak sesuai perannya masing-masing dapat membangun kehidupan pers yang sehat dan beretika. ”Kami berpandangan bahwa fungsi dan peran Dewan Pers sesuai dengan Pasal 15 UU Pers adalah untuk membangun kebebasan pers yang sehat dan beretika,” kata Sugeng.

AAG adalah perusahaan swasta nasional yang bergerak dalam bidang perkebunan kelapa sawit. Berdiri sejak akhir tahun 1970, merupakan pionir pengembangan dan pembangunan Perkebunan Inti Rakyat Transmigrasi (PIR-Trans).

”AAG mengelola 102.006,16 hektar kebun kelapa sawit inti dan 59.248 hektar kebun kelapa sawit plasma yang terletak di Provinsi Sumatera Utara, Riau dan Jambi. Mempekerjakan kurang lebih 24.545 tenaga kerja dan bermitra dengan 27.696 kepala keluarga petani plasma dan KKPA. Saat ini volume produksi AAG mencapai 800.000 ton CPO per tahun,” jelasnya.

Belum Ada Tanggapan to “Asian Agri Grup Gugat Majalah Tempo”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: