beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Malaysia Songsong Grand Prix F 1 Petronas 2008

malaysia

catatan
tri yuwono

Kejuaran Grand Prix F1 sebentar lagi digelar. Lintasan jalan raya Albert Park di Melbourne Australia pada 16 Maret mendatang menjadi ujian pertama bagi para pembalap untuk merebut mahkota juara di tahun 2008 nanti. Seminggu setelah balapan di Australia, tepatnya 23 Maret, Sepang International Circuit (SIC) Malaysia diberi kepercayaan untuk menggelar putaran kedua event jet darat ini.

“Kejuaran ini merupakan putaran kedua setelah di adakan di Australia. Dan bagi Malaysia sendiri, kejuaran ini merupakan kesepuluhkalinya diadakan. Kita juga bersyukur, karena Malaysia diberi kepercayaan untuk menggelar kejuaran ini hingga tahun 2015 nanti,” Ujar Pengurus Besar SIC Datuk Azmi Murad di sela-sela acara promosi di Atrium Sun Plaza, Sabtu (1/3).

Acara promosi yang juga dihadiri oleh Tn Fauzi Omar serta Perwakilan Konsulat Jenderal Malaysia di Medan ini juga merupakan bagian dari program Visit Malaysia 2008. Datuk Azmi menambahkan, berbeda di balapan putaran pertama di Australia, sirkuit di Sepang akan menyajikan hiburan yang lebih atraktif.

“GP Malaysia ini memang sangat dinanti-nantikan oleh para pembalap yang akan bertanding. Karena, sirkuit di sini sangat berbeda dengan yang ada di Australia. Dengan lebar lintasan hingga 22 meter dan ruang gerakan yang banyak, belum lagi cuaca di Malaysia yang bersuhu tinggi, ini membuat perlombaan akan semakin menarik,” tambah Datuk Azmi.

Target 125.000 Penonton, Tahun Depan diadakan Malam
Menurut Azmi, ajang balap kali ini pihak panitia akan menargetkan sekitar 125.000 pengunjung yang akan hadir di Sepang. Beberapa ribu dari pengunjung yang akan hadir tersebut, merupakan masyarakat yang ada di beberapa kota di Indonesia, dan masyarakat Kota Medan salah satunya.

“Selama 8 tahun penyelenggaran Grand Prix F1 di Sepang, para masyarakat Indonesia yang ingin menonton tiap tahun mengalami peningkatan. Pada tahun 2002 saja tercatat 7.400 pengunjung yang datang dan pada tahun 2006 naik menjadi 8.718 pengunjung. Angka ini menunjukkan semakin besarnya minat masyarakat Indonesia untuk menyaksikan F1,” papar Datuk Azmi.

Oleh karena itulah, agar target tersebut terpenuhi, kata Azmi, SIC telah melaksanakan berbagai program promosi dan paket penjualan tiket termasuk dengan memberikan potongan untuk para pelajar dan juga orang lanjut usia. Selain itu, sebelum berlangsungnya kejuaran ini, SIC juga memberikan paket harga menarik bagi pengungjung yang ada di Indonesia, khususnya Medan.
“Bagi yang ingin menonton kita juga menawarkan beberapa opsi harga, salah satu yang kita perkenalkan adalah harga terbaru yakni Rp 2,5 juta. Dimana para pengunjung yang ingin melihat kita berangkatkan dengan kapal fery dari Tanjungbalai, baru kemudian menyeberang ke Malaysia. Pokoknya dengan harga segitu, semuanya sudah kita urusi. Ada juga paket yang lain dengan naik pesawat, tetapi tentu harga paketnya lebih mahal,” seru Datuk Azmi.

Tak hanya masyarakat di Indonesia saja, SIC juga menargetkan pertambahan pengunjung dari negara lain, terutama dari kawasan Eropa. Untuk itulah, pada tahun 2009 nanti, rencananya SIC akan menggelar perlombaan pada malam hari.

”Selama ini kita kan menyelenggarakan perlombaan pada siang hari, rencananya pada tahun mendatang akan diadakan pada malam hari. Karena, para penonton yang ada di Eropa kadang melihat langsung pada pagi hari, banyak di antara mereka yang masih terlelap tidur. Makanya kita ingin mengubah jadwal tersebut,” ungkap Datuk Azmi.

Dalam meramaikan acara Grand Prix F1 di SIC kesepuluh ini, pihak panitia juga akan menggelar balapan lainnya yang tak kalah seru dengan balapan F1. Diantaranya adalah Speedcar Series yang mulai diperkenalkan pada musim ini, kemudian Asia GP2, Posrsche Cup Asia dan Kejuaran Formula BMW Asia.

Belum Ada Tanggapan to “Malaysia Songsong Grand Prix F 1 Petronas 2008”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: