beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Gubsu: “Butuh Cold Storage untuk Stabilkan Harga”

rudolf

catatan
susan hayaku

Pembangunan Stasiun Terminal Agribisnis (STA) di Harangan Siduadua Seribu Dolok Kecamatan Silimakuta masih akan terus berlanjut dua sampai tiga tahun ke depan. Pembangunan selanjutnya, untuk melengkapi operasionalisasi STA ini adalah tersedianya cold storage (ruang pendingin) untuk menyimpan produksi hasil pertanian, dan mobil cold storage yang bisa membawa hasil panen ke luar masuk lokasi STA.

Hal ini dikemukakan Gubsu Drs Rudolf M Pardede, Rabu (20/2) kepada Global usai meresmikan pengoperasionalan STA. Di sela-sela meninjau hasil produksi pertanian yang sedang dipasarkan di lokasi STA, Gubsu berbelanja beberapa macam komoditi dan melakukan dialog dengan para petani.

Menurut Gubsu, ia sangat mendukung kehadiran STA yang dibangun dengan dana dari APBN, APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Simalungun dan telah menelan anggaran sebesar Rp 6 miliar tersebut. ”Saya sangat mendukung STA ini hadir di tengah–tengah petani. Kalau tidak ada pusat pemasaran hortikultura seperti ini, hasil panen akan membusuk dan harga tidak stabil. Untuk itu perlu dilakukan proteksi terhadap produksi hasil pertanian,” kata Rudolf.

Menurut Gubsu, proteksi produksi hasil pertanian sangat penting. Sebagai langkah bijak, STA dilengkapi cold storage akan menjaga produksi pertanian tidak membusuk ketika panen melimpah.

“Dengan cold storage, ketika harga turun dan tidak menguntungkan petani, produksi pertanian bisa ditahan dulu, menunggu harga kembali stabil. Sehingga kehadiran STA ini bukan saja sangat membantu petani tidak merugi, tetapi secara signifikan akan menaikkan taraf hidup masyarakat petani,” tukasnya. Menurut Gubsu, hal terpenting dari kehadiran STA tersebut dapat berfungsi sebagai tempat pemasaran yang dapat diakses dari semua daerah dengan baik.

Sementara Bupati Simalungun Drs HT Zulkarnain Damanik MM menegaskan, perusahaan daerah Agro Madear bertugas mengupayakan peluang pasar yang bisa menjual hasil komoditi dengan harga semaksimal mungkin. “STA ini akan menjadi tempat petani bertemu para pengusaha besar untuk menjual hasil taninya dengan harga atau nilai jual semaksimal mungkin, dan peran PD Agro Madear sangat penting menciptakan pasar yang baik bagi kesejahteraan petani. Oleh sebab itu STA ini saya percayakan kepada PD Agro Madear,” ujar bupati.

Selanjutnya bupati juga menyebutkan akan adanya pembangunan berkelanjutan kepada STA, termasuk pembangunan pasar ternak dan pengadaan cold storage di STA.

Ketua Bappeda Simalungun Ir Muknir Damanik menyebutkan perlunya anggaran lebih kurang sebesar Rp 5 miliar lagi untuk melengkapi sarana dan prasarana di lokasi STA. “Dana sebesar itu masih akan dibutuhkan, dan pembangunan itu akan dilaksanakan secara bertahap selama 3 tahun,”katanya.

Belum Ada Tanggapan to “Gubsu: “Butuh Cold Storage untuk Stabilkan Harga””

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: