beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Dairi Terima Dana CD TobaPulp Rp 324 Juta

catatan
ingot simangunsong

Kabupaten Dairi menerima lagi dana CD TobaPulp periode 2006 sebesar Rp 324 juta dalam suatu acara yang dipusatkan di kantor Camat Sitinjo, Kamis (14/2) dan dihadiri sejumlah pejabat lokal di antaranya Bupati DR Master Tumanggor dan anggota tim independen Ir Ricson B Simarmata.

Dengan disaksikan 300 pemuka masyarakat, 13 kepala desa dari empat kecamatan menerima secara simbolis dana community development (CD) itu dalam bentuk bibit kayu uru dan kopi, dua jenis tanaman yang penanamannya secara massal dimulai tahun lalu. Keempat kecamatan yang memperoleh dana CD itu Sitinjo, Sumbul, Pegagan dan Parbuluan.
Uru adalah jenis kayu yang memiliki nilai ekonomis tinggi, dapat dipanen pada usia 7 tahun, sangat cocok dijadikan kayu pertukangan dan di Tana Toraja, Sulawesi Utara bahkan dijadikan bahan ukiran.

Tatap muka empat pihak, yakni pemerintah setempat pimpinan Bupati, Tim Independen, masyarakat dan TobaPulp diwakili kwartet Drs Leonard Hutabarat (manajer Humas), Ir Tagor Manik (staf senior Humas), Ir Lesdiner Hasibuan (Humas HTI estate Tele) dan Ir Agus Bukka, nyata-nyata membangkitkan kebersamaan, saling membutuhkan dan saling mendukung untuk kemajuan bersama.

Juga hadir pada acara itu Dandim Dairi Letkol Supriadi, Ketua Pengadilan Negeri TM Tambunan, Bernard Meka dan J Sembiring dari DPRD serta Camat Sitinjo Ir Kasim Kudadiri.

Dana CD yang diterima Dairi itu merupakan bagian dari penyisihan 1% dari penjualan bersih (net sales) pulp tahun 2006 sebesar Rp 8,1 miliar. Dairi menjadi kabupaten kedua bersama Tapanuli Utara yang menerima dana itu setelah memenuhi dua syarat yang ditetapkan oleh tim independen (TI), yakni: mempertanggungjawabkan pemakaian dana CD sebelumnya (2005) serta mengajukan proposal melalui Bupati untuk diverifikasi oleh TI.

TIM INDEPENDEN YANG MERDEKA
Anggota TI Ricson B Simarmata mengemukakan, TI yang keanggotaannya diangkat oleh Gubernur dan kini dipimpin DR Polin Pospos benar-benar bekerja secara profesional dan merdeka untuk memantau dan mengawasi pelaksanaan seluruh Paradigma Baru TobaPulp.

Penyisihan 1% dari penjualan bersih untuk mendanai kegiatan pemberdayaan masyarakat (CD) merupakan salah satu butir Paradigma Baru yang ikut dipantau. Sedangkan butir Paradigma Baru yang lainnya meliputi produksi bersih (cleaner production), pengelolaan hutan secara berkesinambungan dan lestari (sustainable forest management), pengutamaan putra lokal sebagai karyawan baru, kemitraan usaha dengan pengusaha lokal, serta keberadaan TI itu sendiri. Sejak 2003 seluruh butir Paradigma Baru itu sudah dijalankan.

Ricson mengimbau agar masyarakat mendayagunakan sebaik-baiknya dana CD TobaPulp serta terus memberikan dukungan positif terhadap operasional perusahaan agar dana CD tetap mengalir setiap tahun. ”Mari kita pantau bersama pemanfaatan dana CD ini. Kalau terjadi penyimpangan, termasuk dalam operasional perusahaan, laporkan ke TI,” katanya.

Ricson menyayangkan karena hingga kini baru Dairi dan Tapanuli Utara yang menerima dana CD 2006 karena kabupaten lain belum mengajukan proposal untuk diverifikasi. Pada hal TobaPulp sendiri sudah mendesak agar dana yang sudah lama parkir ini segera dapat dimanfaatkan kegiatan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ”Kabupaten lain silakan segera ajukan proposal,” katanya.

Sementara itu Bupati Master Tumanggor mengemukakan lebih jauh, dana CD TobaPulp bukanlah merupakan bagian dari kewajiban terhadap negara melainkan bersumber dari inisiatif manajemen sebagai wujud rasa tanggungjawab moral terhadap masyarakat. ”Dana CD ini diluar kewajiban membayar pajak kepada negara. Kita berterimakasih kepada TobaPulp dan berharap tahun depan nilainya meningkat,” katanya.

Leonard Hutabarat dari TobaPulp memastikan dana CD tahunan akan selalu ada selama ada produksi dan penjualan pulp. Dairi dan beberapa kabupaten lain menjadi sumber bahan baku kayu untuk industri pulp Porsea dan ketersediaan bahan baku secara berkesinambungan menjadi faktor terpenting dalam menjamin produksi pulp. ”Kita perlu terus bekerjasama dan saling mendukung,” kata Hutabarat.

Belum Ada Tanggapan to “Dairi Terima Dana CD TobaPulp Rp 324 Juta”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: