beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Anggaran Pendidikan Sumut akan “Tembus” 20 Persen

catatan
ingot simangunsong

Gubsu Drs Rudolf M Pardede melalui Kepala Bappeda Suut Dr RE Nainggolan MM, Selasa (12/2) mengungkapkan, bahwa anggaran pendidikan Sumut bakal “menembus’ angka 20 persen. Dari total anggaran propinsi di tahun 2009, anggaran tersebut akan direalisasikan sekitar Rp 682 miliar.

Angka tersebut diperoleh berdasarkan rancangan awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Sumut 2009. “Kita optimis angka tersebut tercapai dan diharapkan mendapat persetujuan dewan,” ujarnya.

Nainggolan yang didampingi Kabid Ekonomi Hasmi Rizal MSi mengemukakan, komitmen tersebut sudah lama menjadi obsesi Gubsu sesuai tuntutan UUD 1945 yang dewasa ini semakin gencar ditekankan oleh kalangan DPRD Sumut dan masyarakat secara umum.

“Kita berharap rancangan ini mampu menjawab permasalahan krusial Sumut dewasa ini, yakni meningkatkan kualitas sumberdaya manusia (SDM) melalui pendidikan, dukungan infrastruktur yang belum memadai, tingginya prevalensi penyakit menular dan tidak menular, tingginya harga komoditas pertanian dan tingginya angka pengangguran yang dipengaruhi oleh rendahnya kesempatan kerja,” katanya.

Peningkatan kualitas pendidikan masyarakat dan aparatur antara lain dialokasikan melalui program pelaksanaan wajib belajar sembilan tahun, dan kemudahan akses pendidikan bagi keluarga miskin. Kemudian, tersedianya prasarana dan sarana pendidikan, terpenuhinya tingkat kesejahteraan guru, serta peningkatkan kualitas pendidikan masyarakat secara informal melalui penyediaan pelatihan dan peningkatan kualitas pendidikan aparatur untuk memantapkan good governance.

“Khusus kesejahteraan guru akan dikembangkan lebih luas, di mana saat ini dengan anggaran pendidikan sekitar 15 persen dari total anggaran baru hanya mampu memberikan insentif kepada guru di desa terpencil, sedangkan ke depan akan lebih diperluas,” katanya.

Sementara itu untuk infrastruktur, peningkatan kualitas kesehatan, revitalisasi pertanian dan UMKM dicadangkan sekitar Rp 1,08 triliun dari total RAPBD tahun depan yang diperkirakan Rp 3,41 triliun lebih.

Menurut Nainggolan, percepatan pembangunan infrastruktur dialokasikan untuk mendorong percepatan penyelesaian pembangunan Bandara Kualanamu, peningkatan infrastruktur sumberdaya air, transportasi, energi, kelistrikan, perumahan dan permukiman, pembangunan fly over, pembangunan DAM, jalan tol, lanjutan revitalisasi daerah irigasi, listrik pedesaan, dan pembangunan embung-embung di kawasan kesulitan air.

Peningkatan kualitas kesehatan, katanya, dialokasikan untuk pelayanan kesehatan yang berkualitas melalui distribusi tenaga dokter spesialis, perilaku hidup bersih dan sehat, pembentukan desa siaga kesehatan, sistem jaminan kesehatan, revitalisasi pos yandu, akreditasi rumah sakit, kompetensi tenaga medis, menurunnya kasus KLB seperti flu burung, DBD, dan deman cikungunya.

Revitalisai pertanian bertujuan untuk mengoptimalkan peran unit pelaksana teknis (UPT) di daerah-daerah di mana upaya ini perlu ditempuh selain terus melanjutkan pemberian bantuan saprodi (pupuk, bibit, teknologi dan lain-lain) juga optimalisasi UPT sektor pertanian secara langsung agar UPT-UPT menjadi pemicu bagi tumbuhnya sektor pertanian masyarakat.

Pemberdayaan UMKM dalam upaya pengentasan kemiskinan dialokasikan untuk peningkatan peran dan fungsi lembaga usaha yang berbentuk mikro kecil dan menengah serta koperasi untuk menjadi lokomotif pergerakan ekonomi serta meningkatkan lapangan kerja dari sektor informal melalui penyediaan dana bergulir, memfungsikan secara optimal Lembaga Penjamin Kredit Daerah, optimalisasi fungsi Pusat Pelatihan dan Promosi Ekspor Daerah (P3ED) untuk mendorong peningkatan promosi produk-produk UMKM ke mancanegara.

Belum Ada Tanggapan to “Anggaran Pendidikan Sumut akan “Tembus” 20 Persen”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: