beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Produk China Kuasai 50% Pasar Pompa Air

Produk pompa air dari China diperkirakan menguasai sekitar 50% pasar pompa air di Indonesia yang mencapai sekitar empat juta unit per tahun. Ketua Klaster Industri Pompa Air Nasional, Daniel Suhardiman, di Jakarta, Minggu (10/2), memperkirakan dengan jumlah 56 juta kepala keluarga di Indonesia, maka permintaan pompa air mencapai sekitar empat juta unit per tahun.

“Masa pakai pompa air rata-rata mencapai sekitar lima tahun, dan setiap tahun selalu ada permintaan baru yang stabil rata-rata empat juta unit pompa air per tahun,” katanya.

Namun, dari jumlah tersebut hanya sekitar 45% yang dikuasai produk pompa air yang diproduksi di dalam negeri baik oleh merek Jepang seperti Panasonic dan Sanyo, maupun lokal seperti Shimitzu.

“Berdasarkan data EMC (Kelompok Pemasar Elektronik) penjualan pompa air di dalam negeri hanya mencapai sekitar 1,8 juta unit setiap tahunnya,” ujar Daniel.

Dari jumlah tersebut, produk pompa air yang telah diproduksi di dalam negeri seperti Panasonic, Sanyo, dan Shimitzu, menguasai sekitar 80% produk pompa air nasional.

Pangsa pasar pompa air terbesar di Indonesia diperkirakan dikuasai produk impor dari China. Sedangkan produk pompa air impor dari Eropa yang masuk ke pasar pompa air kelas atas hanya menguasai pasar sekitar lima persen.

“Harga pompa air dari China memang lebih murah, bahkan harganya kadang tidak masuk akal,” kata Daniel.

Harga pompa air dari China, kata dia, harganya hampir sama dengan harga satu unit komponen motor pompa yang diimpor dari China. Padahal satu unit pompa air ada banyak komponen lain, seperti rumah pompa, komponen terbuat dari kuningan dan karet, serta impeler (sudu).

“Pompa air yang dibuat di dalam negeri rata-rata sudah dilengkapi dengan standar keamanan yang tinggi dengan tiga lapis pengaman pada motor pompa,” kata Daniel.

Ia memperkirakan produk impor dari China hanya menggunakan satu lapis pengaman motor pompa dan menggunakan insulator (penyekat) dari bambu guna menekan harga .

Diakuinya, China memiliki keunggulan dalam produksi motor pompa. Negara tersebut memiliki banyak industri motor listrik, sedangkan di Indonesia masih sangat sedikit.

“Ke depan, kami bekerja sama dengan Departemen Perindustrian (Depperin) akan memperkuat industri motor listrik untuk pompa air dengan membangun klaster yang melibatkan industri kecil dan menengah (IKM) pengecoran logam, kuningan, dan lain-lain,” kata Daniel yang juga GM PT Panasonic Manufacturing Indonesia. (kpl/bun)

Iklan

Satu Tanggapan to “Produk China Kuasai 50% Pasar Pompa Air”

  1. kami adalah salah satu dari sekian banyak orang yang sangat berhubungan dengan motor pompa seukuran 125A. Desain saya yang belum saya luncurkan di pasaran masih cukup banyak, semuanya berkaitan dengan itu. diantara desain saya yang sudah dinikmati oleh masyarakat luas adalah parut listrik, yang karena model motor yang saya butuhkan belum ada yang sesuai terpaksa kami gunakan adalah dinamo pompa air yang saya potong pompanya. Mubazir besar memang, tapi itulah jalan keluar. kini saya masih mencari dinamo motor pompa tersebut, dan saking gregetan saya, karena sulitnya menemukan, kami mengotak-atik sendiri pingin membuatnya.
    Saya rasa itu adalah wajar-wajar saja, dan itu bisa saya buktikan didalam keinginan kuat saya didalam menciptakan peluang-peluang kerja baru. Bisa dilihat di “Lang Ling Lung dari Tulungagung” yang telah dimuat oleh Harian Suara Pembaruan edisi Selasa 27 Mei 2008.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: