beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Ikan Saus Pedas Szechuan

catatan
INGOT SIMANGUNSONG

kuliner

Ternyata, banyak variasi yang dapat dilakukan untuk mengola menu masakan dari bahan ikan. Seperti yang ditampilkan Beni Metrasa mahasiswa Universitas Islam Sumatera Utara (UISU) Medan, ia memilih resep klasik Szechuan. Namun dalam praktik masak dengan menu “ikan saus pedas Szeshuan”, ia memilih ikan gurame. Biasanya, menu ini jika disajikan di restauran, bagian kepala dan ekor ikan dibuang terlebih dulu sebelum dimasak.

“Untuk praktik ini, saya tidak membuang bagian kepala dan ekornya,” kata Beni di rumahnya di Jalan Pelita III Medan. Ia menunjukkan bahan-bahan seperti 750 gram ikan gurame yang telah dibuang isi perutnya, 1 sendok makan kecap asin, 1 sendok makan arak beras China atau minyak sayur dry sherry untuk deep-frying (menggoreng dengan minyak yang banyak), cabai, air dan paterseli daun rata atau tangkai ketumbar.

Untuk bahan saus, Beni menyiapkan 2 butir bawang putih yang dicincang halus, 2-3 daun bawang yang dicincang halus, 1 sdt jahe yang dicincang halus, 1 sendok makan saus tomat, 2 sendok teh gula, 1 sendok makan cuka beras, 1 sendok makan pasta tepung jagung dan ½ sendok teh minyak wijen.

Beni dengan cekatan menyuci ikan dan mengeringkannya dengan kertas dapur (paper towels). Kemudian diiris kedua sisi ikan hingga ke tulangnya dengan pisau yang tajam sehingga membentuk potongan diagonal dengan jarak tiap-tiap irisan sepanjang 2,5 cm/1 inchi. “Kemudian gosok ikan dengan kecap dan arak beras atau sherry di kedua sisinya. Setelah itu pindahkan ke piring, lalu tutup dengan bungkus plastik dan biarkan hingga kecap meresap di lemari es. Kalau bisa dibiarkan bermalam,” katanya.

Selanjutnya, Beni memanaskan minyak di wajan hingga berasap. Ikan yang sudah bermalam dan diperhitungkan kecapnya sudah meresap, digoreng hingga 3-4 menit di kedua sisi atau hingga ikan berwarna cokelat keemasan. Setelah ikan masak, Beni menuangkan minyak hingga tersisa sekitar 1 sendok makan. Ikan disisihkan di pinggir wajan. Kemudian dimasukkan bawang putih, bagian putih daun bawang, jahe, cabai, tauco, saus tomat, gula, cuka beras, dan air.

“Kita didihkan campuran bahan-bahan tersebut, lalu ungkepkan bersama ikan selama 4-5 menit dan balik-balik ikan sesekali. Jangan lupa, tambahkan bagian hijau daun bawang dan aduk bersama pasta tepung jagung untuk mengentalkan saus,” kata Beni yang menjelaskan, setelah itu ditabur dengan minyak wijen dan sajikan segera bersama hiasan peterseli segar atau ketumbar. “Rasanya nikmat. Cita rasanya ada pada resapan kecap di ikan dan sausnya. Warna merah segar pada saus menambah selera makan,” jelasnya.

kuliner-1

Bahan-bahan:
– 750 gram ikan gurame dan telah dibuang isi perutnya
– 1 sdm kecap asin
– 1 sdm arak beras China atau minyak sayur dry sherry untuk deep-frying (menggoreng dengan minyak yang banyak)
– Cabai secukupnya
– Air secukupnya
– Paterseli daun rata atau tangkai ketumbar

kuliner-2

Saus
– 2 butir bawang putih yang dicincang halus
– 2-3 daun bawang yang dicincang halus
– 1 sdt jahe yang dicincang halus
– 1 sdm saus tomat
– 2 sdt gula
– 1 sdm cuka beras
– 1 sdm pasta tepung jagung
– ½ sdt minyak wijen

Cara memasak:

– Cuci ikan dan keringkan dengan kertas dapur (paper towels).
– Iris kedua sisi ikan hingga ke tulangnya dengan pisau yang tajam sehingga membentuk potongan diagonal dengan jarak tiap-tiap irisan sepanjang 2,5 cm/1 inchi
– Gosok ikan dengan kecap dan arak beras atau sherry di kedua sisinya. Kemudian pindahkan ikan ke piring, lalu tutup dengan bungkus plastik dan biarkan hingga asin di lemari es.
– Panaskan minyak di wajan hingga berasap.
– Goreng ikan dengan minyak yang banyak hingga 3-4 menit di kedua sisi atau hingga ikan berwarna cokelat keemasan.
– Balur atau tuangkan minyak hingga tersisa sekitar 1 sendok makan. Sisihkan ikan di pinggir wajan dan tambahkan bawang putih, bagian putih daun bawang, jahe, cabai, tauco, saus tomat, gula, cuka beras, dan air.
– Didihkan campuran bahan-bahan tersebut, lalu ungkepkan bersama ikan selama 4-5 menit dan balik-balik ikan sesekali.
– Tambahkan bagian hijau daun bawang dan aduk bersama pasta tepung jagung untuk mengentalkan saus.
– Taburi dengan minyak wijen dan sajikan segera bersama hiasan peterseli segar atau ketumbar.

Belum Ada Tanggapan to “Ikan Saus Pedas Szechuan”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: