beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

TobaPulp Asah Kemampuan Tanggulangi Kebakaran

catatan
ingot simangunsong

TobaPulp terus-menerus mengasah kemampuannya untuk menanggulangi kebakaran hutan antara lain bekerjasama dengan pemerintah dan perguruan tinggi. Selama sepekan, 21 hingga 26 Januari, sedikitnya 15 anggota tim pemadam kebakaran TobaPulp mengikuti pelatihan tingkat ahli 50 jam di Pondokbuluh, Aeknauli –dekat kota turis Parapat–dengan para instruktur dari Institut Pertanian Bogor (IPB), BDK (Balai Diklat Kehutanan) Bogor, BDK Pematangsiantar dan beberapa orang Widyaiswara Departemen Kehutanan BDK Bogor. Pondokbuluh adalah desa di antara Tigadolok dengan Aeknauli dan menjadi lokasi pelatihan BDK Pematangsiantar, khusus mengenai penanggulangan kebakaran hutan.

Menurut koordinator pelaksana pelatihan, Ir Simon H Sidabukke MSi, materi pelatihan meliputi antara lain bina suasana pelatihan dan kecerdasan spritual dengan para pelatih Ir Moh Tangkas MSc, Ir Kadarusman MSc serta Ir Yamto.Selain itu masih ada pengenalan terhadap dampak kebakaran, pencegahan kebakaran, pemadaman kebakaran, penanganan kebakaran, penanganan pasca kebakaran.

Praktek lapangan meliputi pengumpulan data dan informasi mengenai penanggulangan kebakaran, penyusunan rencana penanggulangan serta penyusunan laporan penanggulangan.
Keseluruhan pelatihan ini dibimbing oleh Dr Ir Lailan Syaufani MSc, Ir Endang A Husaini MS (IPB), Ir Kadarusman MSc (Widyaiswara BDK Bogor), sedangkan praktek peserta dibantu oleh Daerah Operasional Kebakaran Hutan Wilayah-I Balai Besar BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam).

Secara umum, pelatihan ini melengkapi pengetahuan yang pernah diperoleh para personil TobaPulp dari tenaga ahli Selandia Baru, pengalaman selama mengikuti perlombaan gladi Posko kebakaran hutan di Kalimantan Timur 2007, serta simulasi pencegahan dan penanggulangan kebakaran hutan yang dilaksanakan secara rutin dua kali setahun. Pada akhir pelatihan para instruktur meninjau fasilitas dan tingkat keandalan personil TobaPulp menanggulangi kebakaran di sektor Aeknauli.

Ir Kadarusman menilai reaksi dini tim TobaPulp sudah cukup tangguh, dan karena itu ia berpendapat Departemen Fire Safety dan Security TobaPulp dapat dijadikan arena pelatihan penanggulangan kebakaran tingkat provinsi. ”Kalau TobaPulp berkeinginan, silakan ajukan permohonan ke BDK Bogor,” katanya.

Keandalan tim pencegah kebakaran TobaPulp di Aeknauli juga sering ditinjau berbagai pihak, termasuk anggota DPRD Sumut. Dua pekan lalu, sejumlah jurnalis menyaksikan simulasi dan para kru dengan sigap memadamkan kebakaran buatan dalam waktu kurang dari 6 menit dengan peralatan yang cukup mutakhir. Dalam keadaan tertentu, tim penanggulangan kebakaran TobaPulp dapat juga digunakan untuk memadamkan kebakaran di luar konsesi perusahaan.

Belum Ada Tanggapan to “TobaPulp Asah Kemampuan Tanggulangi Kebakaran”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: