beritamedan’s Weblog
terdepan untuk kebenaran

Omelet Seafood ala Bu Awi, “Nikmat..!”

catatan
INGOT SIMANGUNSONG

bu awi

Untuk edisi hari ini, tim Kuliner beritamedan.wordpress.com memenuhi undangan dari Saribanun Rawiyah SE yang akrab dipanggil Bu Awi, warga Jalan Suluh 94-B Medan. Sesuai janji, Bu Awi sudah menyiapkan bahan-bahan yang akan dipraktikkan untuk memasak menu khasnya. “Menu yang akan saya masak, omelet seafood,” ungkap ibu dua anak yang sehari-hari buka usaha grosir itu.

Bagi Bu Awi, masak-memasak sudah tidak asing lagi. “Ini sudah kewajiban, sebagai ibu rumah tangga, saya harus punya kemampuan memasak. Dengan kemampuan ini, saya bisa menyajikan berbagai alternatif menu makanan untuk keluarga. Setidaknya, keluarga tidak merasa jenuh dengan menu yang itu-itu saja,” katanya.

Diakuinya, banyak ragam menu masakan yang bisa dijadikan sebagai masakan khas keluarga. Apalagi di seantero nusantara kita ini, menurutnya, sangat banyak aneka ragam menu masakan. “Banyak pilihan jika kita ingin mendapatkan menu yang benar-benar berkelas dan berkualitas untuk gizi dan kesehatan. Semakin banyak kita membaca, semakin kaya perbendaharaan menu masakan kita,” ungkapnya.

Omelet seafood yang dipraktikkannnya, memang bukan murni dari ide sendiri. Ia melihat dan mempraktikkannya setelah membaca salah satu media cetak yang menyajikan tulisan tentang omelet. “Kenapa saya memilih omelet seafood? Selain mencari bahannya tidak susah, untuk memasaknya pun tidak membutuhkan waktu panjang. Omelet ini memang sederhana sekali. Yang jelas cepat saji,’ katanya.

Bu Awi merasa bahwa memasak menu omelet, tidak merepotkan. “Boleh dikatakan menu ini, menu cepat saji. Di samping cepat membuatnya, gizinya juga memuaskan, karena ada kandungan telur, udang dan daging khas ikan kakap,” katanya sembari memotong miring sebatang cabai.

Bu Awi menunjukkan 100 gram udang kupas dan 100 gram daging khas ikan kakap, yang kemudian dicincang kasar. Seterusnya 4 butir telur yang sudah diaduk bersama udang, daging khas ikan kakap, daun bawang, garam, merica, dan tepung terigu. Adonan itu dibagi menjadi tiga bagian. Selanjutnya, dengan menggunakan sendok, adonan dimasukkan ke penggorengan dengan minyak yang banyak. “Goreng sampai matang,” katanya.

Selesai menggoreng omelet tersebut, Bu Awi melanjutkan pekerjaan membuat saus. “Tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu. Tambahkan cabai merah. Masukkan saus tomat, saus tiram dan air. Didihkan. Masukkan sayuran, lalu masak sampai matang,” ungkapnya sambil memasukkan larutan maizena, gula dan garam untuk mengentalkan saus. Setelah itu, saus disiram ke atas omelet dan siap disajikan.

menus

Bahan-bahan:
– 4 butir telur, dikocok lepas
– 100 gram udang kupas, dicincang kasar
– 100 gram daging ikan kakap, dicincang kasar
– 1 batang daun bawang, diiris tipis
– 1 sendok teh garam
– ½ sendok teh merica bubuk
– 30 gram tepung terigu

Bahan-bahan saus:
– 50 gram kacang polong
– ½ buah bawang bombay, dipotong kotak1 cm
– 1 batang cabai merah, dipotong miring
– 2 siung bawang putih, dicincang halus
– 300 gram wortel, dipotong korek api
– 50 gram jamur, diiris tipis
– 3 sendok makan saos tomat
– ½ sendok makan saos tiram
– 1 sendok the minyak wijen
– 300 ml air
– 2 sendok teh tepung maizena
– 2 sendok teh gula

makan enak

Cara membuatnya:
– Aduk telur, udang, daging ikan, daun bawang, garam, merica, dan tepung terigu
– Bagi menjadi tiga bagian. Goreng sampai matang dengan minyak yang banyak.
– Saus: tumis bawang bombay dan bawang putih sampai layu. Tambahkan cabai merah. Masukkan saus tomat, saus tiram dan air. Didihkan. Masukkan sayuran, lalu masak sampai matang.
– Kentalkan dengan larutan maizena, gula dan garam. Aduk, lalu siram ke atas omelet. Siap disajikan.

Belum Ada Tanggapan to “Omelet Seafood ala Bu Awi, “Nikmat..!””

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: